Kab. Mojokerto Jatim, (MTsN 1 Mojokerto). Pada Senin, (15/7) tahun 2024  MTsN 1 Mojokerto mengadakan apel pembukaan Matsama Tahun Ajaran 2024/2025. Bertindak sebagai pembina adalah Nur Kholis selaku kepala MTsN 1 Mojokerto. Petugas apel pembukaan adalah OSIS. Kegiatan diikuti oleh seluruh GTK dan seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX.

Dalam amanatnya, kepala MTsN 1 Mojokerto menyampaikan, “Selamat datang di MTsN 1 Mojokerto. Selama satu pekan ini kalian mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama). Mengutip dalam juknis, bahwa Matsama adalah masa orientasi atau kegiatan pertama masuk madrasah untuk pengenalan program, sarana prasarana madrasah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah. Penyelenggaraan Matsama merujuk dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru. Juga Seluruh rangkaian kegiatan Matsama didesain sehingga memberi pengalaman yang menyenangkan dan tidak menegangkan sesuai ketentuan pelaksanaan,” lanjutnya sekaligus menyampaikan informasi mengenai kegiatan belajar hari ini, “Selamat belajar kepada siswa kelas VIII dan IX. Kegiatan belajar hari ini sesuai jadwal yang berlaku.”

Setelah apel pembukaan, Arif Syafiuddin selaku ketua panitia Matsama menyampaikan,  “Kegiatan dimulai perkenalan dan pembentukan pengurus kelas dilanjutkan mengikuti streaming pembukaan Matsama Nasional,” lanjutnya menjelaskan materi-materi selama Matsama meliputi sistem pembelajaran dan cara menyiapkan diri belajar secara efektif; Anti kekerasan, narkoba dan akomodatif terhadap buadaya lokal; Profil singkat, fasilitas, dan infrastruktur pendukung pembelajaran; Survey lingkungan sekitar madrasah; Wawasan kebangsaan dan moderasi beragama; Kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan; Pola hidup bersih, sehat dan halal di lingkungan madrasah; Sosialisasi BKS dan Tata tertib siswa; Pengenalan/pemanfaatan teknologi pada pembelajaran dan pergaulan; Salat Dhuhur; Senam Gembira; Evaluasi. (Kin/Fath).

Leave a Comment